Mengenang Tito Vilanova, Pelatih Barcelona dengan Persentase Kemenangan Tertinggi - Vivagoal.com
Tito VIlanova

Mengenang Tito Vilanova, Pelatih Barcelona dengan Persentase Kemenangan Tertinggi

Dimas Sembada - April 27, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa LigaTidak terasa tepat sudah enam tahun Tito Vilanova meninggalkan Barcelona untuk selama-lamanya. Vilanova meninggal dunia karena menderita kanker kelenjar Parotis.

Karier Vilanova sebenarnya terlihat begitu cerah kala membesut Barcelona. Ditunjuk sebagai pengganti Pep Guardiola, Vilanova yang berstatus sebagai asisten pelatih dari sang maestro ball possesion tersebut selama empat musim, langsung bisa menunjukkan kualitasnya.

Performanya di Liga Champions pada musim debutnya sebagai pelatih memang belum memuaskan, tapi di kancah LaLiga Spanyol, Blaugrana dibawanya menjadi raja. Bersama Vilanova, Barcelona sukses keluar sebagai juara dengan meraup 100 poin, jumlah angka yang Guardiola sendiri tak pernah bisa mencapainya.

Sedihnya,  Vilanova  harus berobat ditengah kesibukannya  karena penyakit kanker yang dideritanya. Ia tercatat beberapa kali harus absen dalam pertandingan Blaugrana dan menyerahkan tugas kepelatihannya ke sang asisten, Jordi Roura.


Baca Juga:


Tak ingin terus menyusahkan Barcelona, Vilanova akhirnya memutuskan mundur pada 19 Juli 2013 usai membawa Barcelona juara Liga demi bisa fokus menjalani pengobatan.

Namun sayang, setelah setahun berselang, Villanova menghembuskan napas terakhirnya pada 25 April 2014 silam. Ia  sempat membuat kaget banyak pihak karena tidak menyangka ia bakal secepat itu pergi untuk selama-selamanya.

https://www.instagram.com/p/B_PWXQin_G2/

Sebagai informasi, dari lima pelatih yang sudah membesut Barcelona tanpa menghitung Quique Setien yang baru menjabat sebagai juru taktik tim pada 11 Januari lalu, Tito Villanova menjadi pelatih dengan persentase kemenangan tertinggi yakni sebesar 92.1%.

Ia sukses mengalahkan Pep Guardiola yang berada di urutan kedua dengan persentase kemenangan mencapai 76,3%, diikuti oleh Luis Enrique dengan 75,6%, disusul oleh Gerardo Martino yang punya 71% kemenangan dan terakhir Ernesto Valverde dengan 69,5% kemenangan.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com