Presiden Barcelona Dihadapkan Mosi Tidak Percaya, Desakan Referendum Memanas

0
197
Bartomeu
Josep Maria Bartomeu, Presiden Barcelona (Sumber: FC Barcelona)

Vivagoal La Liga – Sekelompok anggota klub Barcelona baru saja mengumumkan rencana mereka untuk memberikan mosi tidak percaya kepada Presiden Josep Maria Bartomeu dan dewan direksinya.

Cor Blaugrana, kolektif fans Barca dari berbagai kelompok adalah pendukung di belakang aksi ini. Mereka mengatakan sudah muak dengan petinggi klub Catalan di bawah kepemimpinan Bartomeu. Dan Cor Blaugrana menuntut perubahan harus segera dilakukan.

Setelah mosi tidak percaya diajukan secara resmi terhadap Bartomeu di Barcelona, Cor Blaugrana punya 14 hari kerja untuk mengumpulkan tanda tangan dari 15 persen anggota klub yang jumlahnya diperkirakan tak kurang dari 17 ribu orang.

Andai Cor Blaugrana bisa mencapai target tersebut, maka pemungutan suara untuk mosi tidak percaya kepada Bartomeu akan dimasukkan ke seluruh basis keanggotaan dalam bentuk referendum. Langkah berikutnya, dua pertiga dari 154 ribu pemilih potensial harus meminta kepada dewa untuk segera menggelar pemilihan presiden baru.

Cor Blaugrana menyebut, dalam keadaan saat ini sangat sulit untuk mereka melakukan kudeta. Tapi juru bicara kelompok itu mengatakan keadaan klub sudah tidak memberikan mereka pilihan lain.

“Kami tahu bahwa tidak ada pertandingan di Camp Nou karena pandemi dan tidak memungkinkan untuk pergerakan. Namun hanya ada waktu kurang dari setahun lagi untuk pemilihan presiden.” ucap pemimpin Cor Blaugrana, Josep Maria Cremades dilansir dari Marca.

“Dan kami ingin membuat mosi tidak percaya. Saat ini kami sangat marah sekali dengan situasi internal klub.” tegasnya.


Baca Juga:


Untuk diketahui, ini jadi kali kedua Barcelona harus berurusan dengan Mosi tidak percaya. Pada tahun 2017 lalu, mantan kandidat presiden Agusti Benedito mencoba menggerakkan mosi tidak percaya, tapi gagal untuk mendapatkan tanda tangan 16.570 yang diperlukan untuk memaksa referendum.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here