Ironi Buffon: Raja di Italia, Namun Tanpa Mahkota di Eropa - Vivagoal.com
Tanpa Trofi Liga Champions, Buffon Tetap Merasa Salah Satu yang Terbaik di Dunia
Gianluigii Buffon, Foto: dok sport sindonews

Ironi Buffon: Raja di Italia, Namun Tanpa Mahkota di Eropa

A Hendra - September 23, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Serie AGianluigi Buffon menyandang status sebagai salah satu legenda di Liga Italia, dengan kiprah gemilangnya selama bertahun-tahun.  Namun, menjadi ironi karena Buffon justru kurang berjodoh dengan kompetisi Eropa.

Label sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa diberikan kepada Gianluigi Buffon berkat sepak terjangnya di level klub. Sepanjang kariernya yang sudah berlangsung selama lebih dari dua dekade, Buffon tercatat telah memenangi hingga 29 gelar juara di level klub maupun timnas Italia.

Salah satu diantaranya adalah 10 Scudetto bersama Juventus, enam gelar Coppa Italia dan tujuh Piala Super Italia bersama Juventus dan AC Parma, lalu satu gelar juara Ligue 1 Prancis dengan Paris Saint-Germain, plus satu gelar Piala Dunia 2006 bersama timnas Italia.

Tanpa Trofi Liga Champions, Buffon Tetap Merasa Salah Satu yang Terbaik di Dunia
Gianluigi Buffon, Foto: dok Goal

Di level individual juga sudah tidak terhitung lagi rekor yang telah dipecahkan Buffon. Pengakuan sebagai kiper terbaik pun dibuktikan dengan koleksi 10 penghargaan Goalkeeper of the Season semasa memperkuat Juventus dan AC Parma, termasuk pemain terbaik Italia pada 2017 lalu.

Selain itu, Buffon juga menjadi pemain yang paling banyak tampil di Serie A hingga saat ini dengan torehan 648 penampilan, mengalahkan rekor legenda AC Milan, Paolo Maldini yang punya 657 penampilan. Selain itu, Buffon juga merupakan pemain dengan raihan scudetto Serie A terbanyak sampai saat ini.


Baca Juga:


Sayangnya, dalam karier gemilangnya tersebut, Buffon hanya kurang gelar juara jika bermain di kancah Eropa, tepatnya di pentas Liga Champions. Rekor Buffon di ajang tersebut hanya sebatas tiga kali mencapai final bersama Juventus, yakni pada musim 2002/2023, 2014/2015 dan 2016/2017.

Dengan usianya yang sudah 44 tahun, belum diketahui kapan Buffon bakal gantung sarung tangan. Pasalnya, ia belum menunjukkan tanda-tanda ingin pensiun meski kontraknya di AC Parma bakal habis Juni 2024. Namun satu yang pasti, kans Buffon untuk bisa berjodoh dengan Liga Champions diyakini sudah hilang, dengan usianya yang kian menua, dan tak mungkin lagi dilirik klub-klub top Eropa. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com