Youssoufa Moukoko Catatkan Diri Sebagai Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Bundesliga - Vivagoal.com
Youssoufa Moukoko Catatkan Diri Sebagai Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Bundesliga
Youssoufa Moukoko melakoni laga debut diajang Bundesliga usai menggantikan Erling Braut Halaand saat Dortmund menghadapi Hertha Berlin di Stadion Olimpiade Berlin, Minggu (22/11) dinihari WIB. Sumber: Transfermrkt

Youssoufa Moukoko Catatkan Diri Sebagai Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Bundesliga

Fido Moniaga - November 22, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Bundesliga – Pemain Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang tampil di Bundesliga Jerman. Ia tampil di pentas sepakbola tertinggi Jerman dalam usia 16 tahun 2 hari.

Youssoufa Moukoko melakoni debutnya di Bundesliga saat Dortmund menghabisi Hertha Berlin 5-2 di Stadion Olimpiade Berlin, Minggu (22/11/2020) dinihari WIB. Moukoko masuk dari bangku cadangan di menit ke-85 menggantikan Erling Haaland.

Meski cuma bermain selama 5 menit, namun itu sudah cukup menjadikan Moukoko sebagai pemain termuda yang tampil di Bundesliga dengan memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Nuri Sahin. Nuri Sahin yang saat ini bermain di klub asal Turki, Antalyaspor tampil di Liga Jerman saat usianya baru 16 tahun 334 hari medio 6 Agustus 2005 silam.

Itu artinya, rekor Nuri Sahin yang bertahan selama kurang lebih 15 tahun akhirnya bisa dipecahkan Youssoufa Moukoko.

Moukoko yang lahir di Kamerun pada 20 November 2004 silam memang sudah menjadi sensasi sedari musim 2017/2018. Di usianya yang baru 13 tahun Moukoko sudah bisa menembus tim Dortmund U-17 sekaligus memecahkan rekor sepakbola Jerman saat membukukan 37 gol di kompetisi Bundesliga U-17.


Baca Juga:



Ketajaman Moukoko makin menjadi-jadi saat memasuki musim 2018/2019. Tampil sebanyak 28 kali di Dortmund U-17, Moukoko bisa mencetak hingga 50 gol dan mengkreasikan 9 assist. Tak main-main, dari jumlah sebanyak itu, Moukoko tercatat bisa tiga kali membuat quattrick alias empat gol dalam satu laga, dan 6 hattrick.

Sebelum dipromosikan ke tim senior Dortmund pada laga kontra Hertha Berlin dinihari tadi, bersama tim U-19, Moukoko sudah bisa mengemas 13 gol hanya dari 4 penampilan. Total hingga saat ini, Youssoufa Moukoko sudah mencetak hingga 141 gol dan 27 assist hanya dari 88 pertandingan.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com