5 Fakta Penjualan Terbesar yang Dilakukan Ajax Amsterdam - Vivagoal.com
5 Fakta Penjualan Terbesar yang Dilakukan Ajax Amsterdam

5 Fakta Penjualan Terbesar yang Dilakukan Ajax Amsterdam

Heri Susanto - August 3, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola Ajax Amsterdam memiliki akademi terbaik yang kerap melahirkan talenta-talenta besar. Beberapa di antara mereka yang dilego ke klub lain mencatatkan diri sebagai penjualan termahal klub dalam beberapa musim terakhir.

Ajax Youth Academy tak lahir dari ruang kosong. Akademi ini hadir lantaran mayoritas tim Belanda tak memiliki dana mumpuni untuk mendatangkan bakat besar dalam skuatnya. Menggodok pemain dari kelompok tim junior lintas usia hingga menjadi bintang dan memiliki nilai jual menjadi alternatif lain guna mendapatkan pemain bintang.

De Godenzonen pun sudah menuai tuah dari para bibit mudanya sejak lama. Di era awal mereka sempat mengorbitkan Sjak Swart dan Johan Cruyff. Ruud Krol hingga Johnny Rep. Setelahnya, mereka melahirkan berbagai bakat potensial lain.

Di medio 80an, Marco Van Basten, De Boer bersaudara, Frank Rijkaard, hingga Richard Wistchge hadir. Medio 90 boleh dibilang menjadi golden generation lantaran nama-nama yang lulus dari akademi sukses menjadi legenda sepakbola. Di masa itu, Ajax menelurkan berbagai bakat macam Dennis Bergkamp, Edgar Davids, Patrick Kluivert hingga Clarence Seedorf.


Baca Juga:


Setelahnya, masih banyak bakat yang dipromosikan Ajax sampai hari ini. Penjualan dari para pemain tersebut dialokasikan untuk mengoptimalisasi akademi dan mendatangkan pemain lain dengan harga yang terbilang kompetitif guna mendulang prestasi di setiap musimnya. Meski kerap melepas para bintang, tim asal Negeri Tulip sama sekali tak terlihat limbung.

Ajax pernah melego beberapa nama dengan harga tinggi. Mayoritas dari mereka berasal dari akademi atau direkrut dari tim lain dengan harga murah dan dijual mahal ke tim peminat. Beberapa di antara penjualan tersebut bahkan sukses menuai status sebagai bintang di tim barunya. Luis Suarez menjadi contoh valid akan hal tersebut.

El Pistolero datang ke Ajax dari tim Eredivisie lain, Groningen dengan mahar 7,5 juta Euro pada 2007 lalu. Setelah ditempa di Ajax, ia kemudian dilego ke Liverpool pada 2011 lalu dengan mahar  26,5 juta Euro. Bersama the Reds, ia sukses menjadi mesin gol baru klub.

Di luar Suarez, Ajax pernah melepas pemainnya dengan harga fantastis. Uniknya, proses transfer terjadi hanya dalam kurun waktu lima musim terakhir dan punya valuasi penjualan di atas 35 juta Euro. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.