5 Hal yang Terjadi Jika Arsenal Gagal Lolos ke Eropa Musim Depan - Vivagoal.com
Arteta Mulai Buka-Bukaan Terkait Standar Bek yang Harus Dimiliki Arsenal
Sumber: The Mirror

5 Hal yang Terjadi Jika Arsenal Gagal Lolos ke Eropa Musim Depan

Fido Moniaga - July 14, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Liga Inggris – Arsenal saat ini tengah terpuruk dan terancam mengakhiri musim terburuk dalam sejarah.

Keputusan CAS mengabulkan banding Manchester City berdampak pada klub-klub di papan klasemen termasuk Arsenal. Mereka tidak boleh finis di bawah peringkat tujuh klasemen akhir Premier League jika ingin bermain di Eropa musim depan. 

Terdengar gampang, namun target tersebut sangatlah sulit melihat mereka kini masih berada di peringkat 9 klasemen sementara dengan 50 poin dari 35 pertandingan. Hanya tiga pertandingan yang tersisa dan mereka menggantungkan harapan pada kegagalan tim lain.

Ada satu jalan untuk meraih tiket ke Eropa yakni juara Piala FA. Namun, untuk itu mereka harus terlebih dahulu mengalahkan Man City di semifinal, misi yang terdengar mustahil.

Andai benar-benar gagal menembus kompetisi Eropa musim depan, Arsenal dihadapkan dengan 5 dampak nyata. Apa sajakah itu?

  1. Ancaman Kepergian Pemain

Dampak nyata yang mereka hadapi nantinya sudah pasti kemungkinan perginya para pemain bintang. Arsenal sudah lama tidak bermain di Liga Champions, yang menyebabkan kepergian beberapa pemain. Sekarang, tanpa Liga Europa situasinya bakal jadi lebih sulit.

Satu nama yang mungkin bisa lepas adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Nama satu ini sudah sejak lama disebut akan pergi dari Emirates. Kemungkinan tanpa kompetisi Eropa musim depan jelas bukan jawaban atas situasi striker asal Gabon tersebut.

  1. Dampak Finansial

Arsenal pada Februari kemarin telah mengumumkan erugian operasional sampai 27,1 juta poundsterling. Itu artinya kerugian klub asal London utara itu bisa kian membengkak jika gagal lolos ke Eropa musim depan.

Dampak finansial akibat gagal menembus kompetisi Eropa akan sangat terasa bagi kebanyakan klub termasuk Arsenal. Terlebih lagi dengan adanya pandemi virus corona saat ini.

  1. Modal Transfer Terkikis

Kepergian pemain bintang bisa diatasi dengan belanja pemain baru. Sayangnya, dengan gagal lolos ke Eropa maka modal untuk belanja pastinya juga akan dipangkas.

Manajemen klub pastinya akan berusaha memperbaiki finansial klub. Alih-alih untuk transfer, uang tersebut kemungkinan besar akan dialokasikan untuk membayar gaji para pemain.


Baca Juga:


 

  1. Catat Sejarah Terburuk

Nama besar yang disandang Arsenal bukan tanpa alasan. Klub berjuluk The Gunners tersebut tak hanya meraih berbagai trofi bergengsi namun tak pernah absen di kompetisi Eropa selama 25 tahun terakhir.

Dan kemungkinan catatan tersebut akan terhenti musim depan. Mungkin hanya sebuah penurunan, namun untuk sebuah klub besar tidak bermain di kancah Eropa akan mencoreng muka mereka.

  1. Miliki Waktu Benahi Tim

Dampak terakhir lebih mengarah ke sisi positif. Ditinggal pemain, tak bisa mendatangkan pemain baru dan muka tercoreng, namun Arsenal bisa acuh dengan hal tersebut untuk satu musim.

Caranya adalah dengan fokus mengembangkan tim bersama Mikel Arteta. Semua akan berjalan sulit awalnya, namun dengan waktu yang lebih longgar, maka mereka setidaknya bisa mendalami taktik yang diinginkan oleh Arteta semaksimal mungkin.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com