Lepas David De Gea, Man United Bidik Yann Sommer Sebagai Pengganti - Vivagoal.com
Lepas David De Gea, Man United Bidik Yann Sommer Sebagai Pengganti
Yann Sommer, Foto: dok Radar Bogor

Lepas David De Gea, Man United Bidik Yann Sommer Sebagai Pengganti

A Hendra - December 9, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Manchester United mulai serius memikirkan siapa pengganti David De Gea yang kontraknya segera habis akhir musim ini. Adalah kiper Borussia Monchengladbach, Yann Sommer diklaim jadi incaran utama Setan Merah.

David De Gea sedianya masih sangat tangguh dalam mengawal gawang Manchester United. Hal itu dibuktikan dengan persentase penyelamatan penalti De Gea cukup apik sejak musim 2020/2021, yakni di kisaran 28,6 persen.

Selain itu, De Gea sebetulnya dikenal sebagai shot-stopper terbaik di dunia. Secara keseluruhan, peran De Gea tak bisa dipandang sebelah mata terutama musim ini. Meski Man United telah kebobolan 20 gol dari 14 laga di Liga Inggris, tapi jumlah itu bisa saja lebih banyak andai De Gea tak tampil gemilang di bawah mistar gawang.

Manchester United Berutang Banyak ke David De Gea
David De Gea, Foto: dok bola.net

Menurut catatan Sofascore, De Gea total sudah melakukan 38 saves di Liga Inggris musim ini dengan rinciannya, 24 saves dari tembakan di dalam kotak penalti dan 14 dari tembakan luar kotak penalti. Total De Gea harus melakukan penyelamatan 2,7 saves per game dalam 14 penampilannya di Premier League atau setara dengan 66%.

Meski demikian, ketidakmampuan De Gea memainkan bola di kaki untuk membangun serangan dari bawah seperti yang diinginkan Erik Ten Hag jadi masalah utamanya. Ten Hag pun disebut ingin melakukan penyegaran di sektor penjaga gawang.


Baca Juga:


Karena itu pula, De Gea sejauh ini belum dipanggil untuk membahas kontrak baru padahal masa kerjanya di Old Trafford segera habis Juni 2023 mendatang. Di sisi lain, keengganan untuk menambah masa bakti De Gea membuat Man United mulai melakukan seleksi kiper potensial untuk diproyeksikan sebagai pengganti kiper asal Spanyol itu.

Dilansir dari Sky Sports, Kubu The Red Devils sejauh ini tengah memantau penjaga gawang yang paling pas mengisi posisi De Gea di musim depan, yakni Yann Sommer di Borussia Monchengladbach. Kans MU sendiri untuk merekrut kiper 33 tahun itu terbilang besar, karena masa kerjanya di Gladbach juga segera habis akhir musim ini dan belum ada tanda-tanda bakal meneken kontrak baru.

Selalu update berita bola terbaru seputar Piala Dunia 2022 hanya di Vivagoal.com