Prediksi Bayern vs Barcelona: Die Roten Unggul Mutlak, Messi Bisa Jadi Pembeda - Vivagoal.com
Lionel Messi
Lionel Messi melakukan selebrasi usai mencetak gol Sumber: (Joan Monfort/AP)

Prediksi Bayern vs Barcelona: Die Roten Unggul Mutlak, Messi Bisa Jadi Pembeda

Fido Moniaga - August 14, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Liga Champions – Laga Barcelona vs Bayern Munchen dalam lanjutan babak perempatfinal Liga Champions akan tersaji di Estadio Da Luz, Lisbon, Portugal, Sabtu (15/8/2020) dinihari WIB. Kedua tim adalah mantan juara Liga Champions yang masih tersisa hingga saat  ini.

Skuad Bayern dan Barcelona diisi oleh para pemain elite dunia dari sektor penjaga gawang hingga penyerang. Yang paling seimbang adalah di lini depan, sementara dari sisi lini pertahanan dan tengah, bisa dibilang Die Roten masih sedikit unggul dari Blaugrana.

Barcelona diprediksi masih akan mengusung formasi 4-3-3 dengan mengandalkan trio MSG (Messi-Suarez-Griezmann). Trisula ini layak tuk diandalkan mengingat sepanjang musim ini ketiganya telah mengemas total 66 gol dan mengkreasikan 43 assist di seluruh ajang.

Selain itu, masih ada dua senjata rahasia Barcelona dalam diri Ousmane Dembele yang sudah pulih dari cedera dan pemain masa depan tim Catalan, Ansu Fati yang keduanya bisa sangat diandalkan karena memiliki kecepatan untuk mengacak-acak lini pertahanan Die Roten.

Di LaLiga, pasukan Quique Setien jadi tim tersubur dengan 86 gol dari 38 pertandingan. Sayangnya, catatan menjebol gawang lawan di Liga Champions, relatif biasa saja, yaitu dengan 13 gol dari 8 laga.


Baca Juga:



Di lain pihak, Bayern Munchen datang ke Lisbon dengan catatan gol yang mengerikan. Dari 8 laga yang sudah dilakoni di UCL musim ini, skuad besutan Hansi Flick telah melesakkan 31 gol, yang artinya, mereka rata-rata membuat 3.8 gol per game.

Pulihnya Niklas Sule usai mengalami cedera panjang juga membuat Bayern makin percaya diri. Meski diyakini tidak akan bermain sedari menit awal, namun bek timnas Jerman itu diprediksi akan coba dimanfaatkan dalam momen-momen krusial.

Adu Tajam Messi vs Lewandowski

Berdasarkan catatan Whoscored, Robert Lewandowski berada di urutan teratas pencetak gol terbanyak Liga Champions musim ini dengan torehan 13 gol. Sementara Messi tertinggal jauh karena baru mencetak 3 gol. Catatan gol penyerang asal Polandia itu bahkan setara dengan total jumlah gol keseluruhan Barca di UCL.

Meski demikian, bukan berarti permainan bakal sepenuhnya menjadi milik Die Roten dan Lewandowski. Pasalnya, menengok catatan Messi sepanjang musim ini, penyerang asal Argentina itu sudah berkontribusi sebesar 53% dari total gol Barca musim ini.

Artinya, pemain 33 tahun masih menunjukkan pengaruh besarnya untuk Barcelona. Bahkan berdasarkan catatan UEFA, Messi jadi pemain dengan kemampuan terbaik kedua dalam hal melewati lawan musim ini setelah Neymar, yakni dengan 16 dribel sukses.

Catatan ini membuat gelandang Die Roten, Leon Goretzka sampai mengatakan bahwa untuk mematikan Messi, penggawa Bayern harus bekerja keras dan bermain secara kolektif dalam menggalang pertahanan.

“Satu-satunya cara menghentikan Messi adalah secara kolektif. Semua orang tahu bakatnya, dia mampu menemukan banyak solusi dalam situasi sesulit apapun.” tegas Goretzka.

Prediksi Bayern vs Barcelona

Jika berdasarkan data head to head kedua tim, dari 10 pertemuan terakhir di kompetisi UEFA, Bayern unggul jauh dengan meraih 6 kemenangan berbanding 2 milik Barcelona, dengan dua laga lainnya berakhir imbang. Bahkan dalam lima laga terakhir kedua tim, Bayern mampu meraup 4 kemenangan, Barcelona hanya satu. 

Tapi, Bayern diyakini akan sulit mengulang semua cerita indah itu, karena berdasarkan catatan UEFA, dari 6 laga terakhirnya, Bayern hanya bisa menang sekali saat melawan tim asal Spanyol. Sementara itu, Barcelona tak tersentuh kekalahan dalam 6 laga terakhir melawan klub-klub asal Jerman. Rinciannya, 4 menang dan 2 imbang.

Oleh karenanya, merujuk pada performa kedua tim yang sama-sama belum terkalahkan dalam 8 laga UCL hingga saat ini, dan berdasarkan rekor pertemuan kedua tim, Bayern memang masih layak dijagokan menang di laga ini. Namun, faktor keberadaan Messi yang kerap bisa jadi pembeda, tak menutup kemungkinan akan membawa timnya ke semifinal.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com