Untuk Kembali Sukses, Man United Harus Fokus Orbitkan Bakat Muda - Vivagoal.com
Untuk Kembali Sukses, Man United Harus Fokus Orbitkan Bakat Muda
Man United, Foto: dok Inews

Untuk Kembali Sukses, Man United Harus Fokus Orbitkan Bakat Muda

A Hendra - January 27, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Inggris – Dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir, performa Manchester United sama sekali tak menunjukkan bahwa mereka adalah tim langganan juara. Untuk bisa kembali sukses, Setan Merah dituntut fokus pada pengembangan bakat muda ketimbang belanja ‘pemain jadi’ di bursa transfer.

Dilansir dari catatan Transfermarkt, Cristiano Ronaldo merupakan pemain anyar ke-38 Manchester United setelah era Sir Alex Ferguson berakhir pada musim 2012/2013. Hingga kini, Setan Merah total sudah menghabiskan nyaris dua miliar pound sterling untuk belanja pemain.

Meski begitu, terhitung dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir, pasca kepergian Sir Alex, hanya sedikit piala yang bisa didapatkan Man United. Tercatat, cuma piala FA, Piala Liga Inggris dan gelar juara Liga Europa saja yang mengisi lemarin Man United hampir satu dekade terakhir.

Padahal, saat masa Sir Alex menjabat sebagai manajer, Man United merupakan penguasa Premier League. Namun sekarang, Setan Merah terus saja kesulitan untuk menjadi juara, bahkan untuk menembus empat besar saja mereka masih harus tertatih-tatih.

Soal Isu Internal Man United Memanas, Fred: Hoaks Belaka!
Manchester United, Foto: dok situs resmi Man United

Jika dibandingkan dengan rival sekotanya, Manchester City, mereka dalam kurun waktu lima tahun terakhir hanya dua kali gagal keluar sebagai juara Premier League. Padahal City pun royal dalam memboyong pemain, meski bisa terbayarkan dengan gelar yang mereka dapatkan.

Selain itu, Pep Guardiola di Man City juga fokus pada pemain jebolan akademi. Salah satunya dengan mengorbitkan Phil Foden yang pada bulan Agustus 2021 kemarin berdasarkan data CIES Football Observatory menjadi pemain paling bernilai di dunia. Ia bahkan bisa mengungguli Kylian Mbappe, Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo.

Hal itulah yang kemudian menjadi sorotan mantan asisten Sir Alex Ferguson, Rene Meulensteen. Menurutnya, Man United berada di jalan investasi yang salah. Ia menyarankan sebaiknya United fokus saja pada pengembangan bakat muda untuk bisa kembali sukses 2-3 tahun ke depan.


Baca Juga:


“Yang harus dilakukan adalah, dan ini seharusnya selalu dilakukan, melihat ke apa yang akan tim Anda punya dalam dua atau tiga tahun ke depan. Begitulah sebuah klub mendapatkan stabilitas,” ujar Rene dilansir dari The Sun.

“Saya tak yakin itu terjadi dalam sembilan tahun terakhir. Apakah kita mencari De Gea, Maguire, Matic, Cavani, dan bahkan Cristiano Ronaldo yang berikutnya? Klub seharusnya sekarang melihat ke bagaimana United akan terlihat dalam 2-3 tahun ke depan.

“Kami dulu selalu memperhatikan dua kata ‘Jadi’ dan ‘Proses Jadi’. Misalnya, Robin van Persie itu pemain jadi. Tapi Anda musti juga mencari sosok yang ‘dalam proses jadi’ untuk menggantikan mereka. Lihat bagaimana Guardiola menangani Phil Foden, dia pemain dalam proses jadi dan ketika David Silva pergi, kejadian kan. Itu maksud saya.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com