Man United Tidak Dalam Kondisi Siap Ditinggal Sir Alex - Vivagoal.com
Man United Tidak Dalam Kondisi Siap Ditinggal Sir Alex
Sir Alex Ferguson, Foto: dok Indozone

Man United Tidak Dalam Kondisi Siap Ditinggal Sir Alex

A Hendra - January 27, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga InggrisSir Alex Ferguson bisa dibilang sosok sentral dalam kesuksesan Manchester United dalam kurun waktu dua dekade lebih. Sayangnya, Setan Merah tidak menyiapkan langkah antisipatif ketika pria asal Skotlandia itu meninggalkan Old Trafford.

Era Sir Alex Ferguson di Manchester United terentang dari tahun 1986 hingga 2013 silam. Dalam kurun waktu 25 tahun, Sir Alex  mampu membawa The Red Devils yang tengah terpuruk di pertengahan 80-an menjadi raksasa di Premier League.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Sir Alex total mampu menyumbangkan hingga 13 trofi juara Liga Inggris, dengan lima gelar Piala FA, empat trofi Carabao Cup, dua gelar Liga Champions, dan satu Piala Dunia Antarklub.

Secara keseluruhan, Sir Alex sukses memenuhi lemari trofi juara Setan Merah dengan 28 trofi selama menjabat sebagai juru taktik tim. Torehan tersebut sejauh ini sulit untuk diulangi, bahkan Man United cenderung kesulitan sejak kepergian Sir Alex medio sembilan tahun lalu.

Tercatat, Man United belum sekalipun mampu meraih trofi juara Premier League dalam kurun waktu sembilan musim terakhir, termasuk kerap kesulitan untuk setidaknya menembus posisi empat besar atau batas bawah zona Liga Champions.

Eks Kapten City: Mustahil Kalahkan Man United di Era Sir Alex Ferguson
Sir Alex Ferguson, Foto: dok Gilabola

Sejak kepergian Sir Alex, Man United sudah berganti manajer sebanyak lima kali dengan dua caretaker dan satu manajer interim. Prestasi terbaik Setan Merah hanyalah meraih dua kali posisi runner-up di Liga Inggris.

Meski begitu, mereka sama sekali tak menunjukkan perlawanan sengit atas tim yang menjadi juara. Terbukti saat berstatus runner-up musim 2017/2018, mereka tertinggal 12 poin dari Man City, sementara pada musim kemarin mereka terpaut 19 angka, lagi-lagi dari rival sekotanya tersebut.

Menurut mantan asisten Sir Alex, Rene Meulensteen, kesulitan yang dialami Man United sepeninggal Sir Alex dikarenakan manajemen sama sekali tidak melakukan langkah antisipasi dengan merekrut pelatih-pelatih top semacam Pep Guardiola dan Jurgen Klopp.


Baca Juga:


“United gagal memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan salah satunya. Mereka punya aura kehadiran dan pengaruh yang sebesar itu di klub masing-masing,” ungkap Rene Meulensteen dikutip dari The Sun.

“Kalau pemain Liverpool ditanya ‘Apakah kamu tahu apa yang kamu sedang kerjakan?’, mereka semua akan menjawab ‘Ya’. Tanya saja pemain-pemain City, tak peduli seberapa banyak Pep mengubah segala sesuatunya, ‘Kalian tahu apa yang kalian kerjakan?’, mereka semua akan menjawab ‘Ya’.

“Tanya para pemain United dan saya rasa Anda tak akan mendapatkan jawaban semantap itu. Andai dua klub itu (Man City dan Liverpool) tak mempersiapkan diri dengan baik untuk kepergian manajer mereka, bisa jadi mereka akan berakhir di posisi yang sama dengan MU sekarang.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com