5 Fakta Pemenang Piala Dunia 2006 yang Pensiun di Tim Kecil - Vivagoal.com
5 Fakta Pemenang Piala Dunia 2006 yang Pensiun di Tim Kecil

5 Fakta Pemenang Piala Dunia 2006 yang Pensiun di Tim Kecil

Heri Susanto - January 18, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita BolaPiala Dunia 2006 menjadi salah satu gelaran paling berkesan di dunia sepakbola. Namun, beberapa pemain yang sukses menjadi juara di ajang tersebut justru harus mengakhiri karir sepakbolanya di tim yang terbilang kecil.

Piala Dunia 2006 yang dihelat di Jerman menghadirkan banyak kejutan. Ada dua tim debutan di sana macam Timnas Togo dan Timnas Trinidad & Tobago. Selain itu, Ukraina dengan Andriy Shevchenko-nya sukses melaju hingga babak perempat final. Hal tersebut jelas menjadi prestasi tersendiri.

Di turnamen empat tahunan tersebut, Italia keluar sebagai juara dunia. Banyak drama yang terjadi di laga final seperti gol memantul Zinedine Zidane dan tandukan Zizou kepada Marco Materazzi di babak tambahan waktu. Azzurri pun sukses keluar sebagai juara meski sebelumnya sepakbola Negeri Pizza terguncang karena kasus Calciopoli.

Catatan apik Italia sekaligus menebus kekalahan mereka empat tahun silam di Korea Jepang. Di laga tersebut, Italia harus keok di babak babak 16 besar oleh Korea Selatan melalui laga yang sarat akan kontroversi. Namun pasca menjadi juara di 2006, prestasi Azzurri pasang surut.


Baca Juga:


Mereka kerap kali gagal mentas di Piala Dunia dan hanya menjadi penggembira di Piala Eropa. Untungnya pada 2020 lalu, Azzurri sukses mendulang Euro 2020 dan melepaskan dahaga prestasi mereka yang kering dalam beberapa waktu belakangan.

Di antara kenangan manis yang tersemat kala membawa Italia menjadi juara dunia unntuk kali keempat pada 2006, ada 5 nama yang harus menepi dari hingar bingar kompetisi top guna lanjutkan karir di tim yang boleh dibilang semenjana. Empat dari lima nama yang tersemat bahkan layak dinobatkan sebagai legenda.

Ada berbagai alasan mengapa para pemain memilih tim yang kecil. Faktor usia menjadi alasan utama. Selain itu, hal lain yang membuat mereka menerima pinangan tim tersebut adalah bayaran yang lumayan besar untuk pemain lanjut usia. Bahkan, tiga dari lima nama yang tersemat di bawah mentas di kompetisi Asia.  Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.