5 Fakta Piala Menpora 2021, Nomor 3 Bikin Kecewa - Vivagoal.com
5 Fakta Piala Menpora

5 Fakta Piala Menpora 2021, Nomor 3 Bikin Kecewa

Dimas Sembada - March 11, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal5 Fakta –  Kabar baik buat pecinta sepak bola tanah air. Setahun vakum, pertandingan sepak bola akan kembali diputar pada akhir Maret ini. 

Piala Menpora 2021 bakal jadi ajang penanda dimulainya kembali sepak bola Indonesia. Usai ditangguhkan lantaran pandemi, jalan panjang ditempuh untuk melihat tim-tim kesayangan beraksi. 

Drawing sudah langsungkan pada Senin (8/3/2021) sebanyak 18 klub peserta dibagi ke dalam empat Grup. Solo, Sleman, Bandung dan Malang didapuk menjadi tuan rumah. 

Vivagoal kali ini merangkum 5 Fakta dibalik gelaran Piala Menpora 2021. Sima ulasan selengkapnya:

1.Regulasi Baru

Drawing Rampung, Berikut Daftar Peserta Piala Menpora
Piala Menpora 2021 – PSSI

Fase grup Piala Menpora 2021 akan dilaksanakan dalam setengah putaran dan menghasilkan dua klub di posisi paling atas klasemen. Dua klub tersebut akan melaju pada babak gugur.

Menjunjung asas fairness nantinya tak bakal ada klub yang bertindak sebagai tuan. Bhayangkara Solo FC nantinya bakal manggung di Kanjuruhan Malang, Persib Bandung di Maguwoharjo,  PSS Sleman di Si Jalak Harupat dan Arema akan tampil di Manahan sepanjang fase grup. 


Baca Juga: 


Protokol kesehatan juga jadi perhatian, dalam pelaksanaan Piala menpora nanti setiap klub hanya bisa mendaftarkan 30 pemain dan 8 official. Selain itu hanya ada 10 pemain cadangan yang diperbolehkan duduk di pinggir lapangan.

Pihak penyelenggara juga membatasi pergerakan. Nantinya hanya 299 orang yang hadir di venue pertandingan. Sementara pertandingan akan berlangsung selama 2×45 menit dengan dua kali cooling break selama tiga menit di menit ke-30 dan 75 di setiap pertandingan. 

2.Manahan Solo

Untuk Venue Piala Dunia U-20, Pemerintah Pusat Hanya Renovasi Dua Stadion
Stadion Manahan, Solo, (Sumber: Joss.id)

Stadion Manahan Solo nampaknya bakal yang menjadi paling sibuk di gelaran Piala Menpora 2021 nanti. Selain bakal menggelar pertandingan-pertandingan Grup A, laga pembuka juga bakal diadakan di stadion ini. 

Rencananya, partai pembuka bakal digulirkan pada Minggu (21/3/2021) mendatang dengan mempertemukan Arema FC vs PSIS. Tidak ada alasan khusus mengapa pertandingan ini menjadi partai pembuka.

Menurut Sudjarno, Direktur operasional PT LIB, hal ini sudah sesuai dengan skema yang disampaikan saat managers meeting.

“Ya seperti itu [Arema vs PSIS], karena pembukaan di Stadion Manahan Solo, klub yang main di pembukaan dari Grup A. Sesuai dengan skema yang kami buat,” kata Sudjarno dikutip dari Goal. 

Tak cuma itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, juga meminta final Piala Menpora 2021 untuk dilangsungkan di Solo. Hal tersebut lantas direspon positif  oleh PT. LIB selaku penyelenggara. 

“Nanti akan kami pertimbangkan, kami inspeksi lagi, karena pada delapan besar itu ada stadion yang istirahat. Jadi final usulan di Solo kami pertimbangkan. Pasti kami inspeksi ulang,” kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

3.Tanpa Persipura

AFC meminta Persipura Gantikan Persija Untuk Piala AFC 2021
Persipura Jayapura. Sumber: Official Media PT. LIB

Persipura Jayapura memastikan tak bakal ambil bagian dalam Piala Menpora 2021. Situasi membuat Piala Menpora hanya akan diikuti 17 tim saja. 

Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, memberi klarifikasi soal keputusan yang diambil Mutiara Hitam pada Rabu (9/3/2021) lalu. Sempat dikabarkan terkendala finansial dan jadwal mepet, Benhur Tomi menyanggah. 

Diakuinya, alasan utama Persipura tak ambil bagian dikarenakan Organizing Committee Piala Menpora bertindak tidak adil pada Persipura.

“Ada yang menganggap ini intrik, untuk apa kita lakukan? Tidak ada gunanya. Ada yang mengira persoalan finansial, tidak, Piala ini klub tidak banyak keluarkan dana karena banyak yang ditanggung penyelenggara. 

“Ada yang anggap kami kesulitan kumpulkan pemain? Tidak juga, 80 persen pemain kami tinggal di Jayapura. 

“Ini soal keputusan dan sikap mereka yang jauh dari rasa keadilan dan rasa saling menghargai. Mereka berlaku tidak adil pada kami, dan mereka tidak menghargai kami. Mereka tahu itu, tapi diam saja, Ini bukan profesional.” dalam pernyataan resmi Persipura di akun instagram mereka.

4.Grup Neraka

Drawing Piala Menpora

Grup B bakal menyajikan laga-laga seru, dimainkan di Kanjuruhan, grup ini diisi oleh tim-tim kuat tanah air. Persija Jakarta, PSM Makassar, Borneo FC dan tim bertabur bintang Bhayangkara Solo FC menghuni grup ini.

Sebagian menganggap grup ini sebagai grup neraka. Mengingat bagaimana Bhayangkara FC, Persija dan Borneo dikenal punya kekuatan tim yang mumpuni di berbagai lini. 


Baca Juga: 


Farid Abubakar, manajer Borneo FC, mengamini hal tersebut. Berada di satu grup dengan Persija dan The Guardian persaingan dipastikan ketat. 

“Kalau dibilang grup neraka jelas iya, karena selain nama besar yang dimiliki, ada juga kualitas pemain yang bisa kita bilang siap untuk memulai seperti Persija dan Bhayangkara FC,” kata Farid Abubakar.

5. Ajang Krusial

Shopee Liga 1 2020

Piala Menpora 2021 ini  menjadi ajang pra musim bagi para klub peserta Liga 1 untuk melakukan pemanasan sebelum kompetisi sesungguhnya dimulai kembali. 

Di sisi lain, ajang ini juga jadi ujian sekaligus pembuktian. Pihak kepolisian yang mengunci izin sepak bola bakal menilai, akankah Liga 1 2021 nanti layak diberikan izin berkaca pada penyelenggaraan Piala Menpora.

Menpora, Zainudin Amali menyebut turnamen ini bak ujian untuk terselenggaranya kompetisi Liga 1 dan 2. Karenanya, Protokol kesehatan harus bisa diterapkan ketika pertandingan berlangsung.

“Kalau ini (Turnamen Piala Menpora) lulus, kompetisi (Liga 1 dan 2) bisa jalan,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam acara diskusi daring ‘Kompetisi Sepak Bola di Tengah Pandemi Covid-19’ beberapa waktu silam.

Selalu update berita terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com