5 Fakta Rekor Chelsea Usai Menjuarai Liga Champions - Vivagoal.com
5 Rekor Chelsea

5 Fakta Rekor Chelsea Usai Menjuarai Liga Champions

Dimas Sembada - June 1, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – 5 Fakta  – Chelsea sukses menjuarai Liga Champions 2020/21 usai mengandaskan Manchester City di partai puncak 1-0. Tampil di Estadio do Dragao, Kai Havertz jadi pahlawan The Blues. 

Mendapat perlawanan sengit dari The Citizen, Chelsea membuktikan diri. Skuad besutan Thomas Tuchel tersebut pada akhirnya membawa trofi Liga Champions ke London. 

Uniknya, Chelsea tidak semata keluar sebagai kampiun. Tapi sederet catatan membanggakan baik secara individu atau tim berhasil dipecahkan. 

Lantas, rekor apa saja yang berhasil dicatatkan Chelsea dan para penggawanya? Simak ulasan selengkapnya:

1.Edouard Mendy Bersinar

Mendy
Foto: 7LiveSports

Penjaga gawang Chelsea, Edouard Mendy, jadi salah satu kunci Chelsea dalam mengamankan trofi Si Kuping Besar. Penampilan gemilangnya sedikit banyak berpengaruh pada kesuksesan skuad besutan Thomas Tuchel.

Bukan sembarang bersinar, tapi demikian, Mendy jadi salah satu kiper dengan total nirbobol terbanyak. Tercatat, Mendy mencatatkan sembilan nirbobol dari 12 penampilan Liga Champions. 

Sembilan nirbobol yang dicatatkan tersebut otomatis membuatnya menjadi kiper dengan nirbobol terbanyak yang menjalani debut di Liga Champions. 

2.Rekor Pelatih Jerman

Thomas Tuche
Foto: Intoday

Perlahan namun pasti, Thomas Tuchel membuktikan diri. Dengan mengantar The Blues menjuarai Liga Champions, Tuchel otomatis meneruskan dominasi pelatih asal Jerman dalam urusan merebut Si Kuping Besar. 

Di tiga musim belakangan ini, trofi Liga Champions tercatat selalu dimenangkan juru latih asal Jerman. Dimulai pada 2018/19, Jurgen Klopp kala itu mengantar Liverpool menjadi kampiun. 


Baca Juga: 


Setelahnya, Hansi Flick mengantarkan Bayern Munich keluar sebagai juara dengan penampilan impresifnya. Serta musim ini, Tuchel yang sama-sama berasal dari Jerman, sukses meneruskan dominasi pelatih asal Jerman.

3.Catatan Negatif Josep Guardiola

Guardiola
Foto: News Republic

Tak ada yang pernah meragukan tangan dingin Josep Guardiola sebagai juru latih. Tapi bersama Manchester City di Liga Champions, Guardiola gagal meneruskan rekornya. 

Semenjak membesut The Citizen, Guardiola tercatat lima kali membawa City tampil di partai final dan semuanya berujung pada kemenangan. Sayang, di final keenamnya, saat menghadapi Chelsea di Liga Champions, dia harus mengakui keunggulan Chelsea. 

Kekalahan ini jelas sangat menyakitkan buat Guardiola. Pasalnya, ini jadi kekalahan perdananya di partai puncak selama berstatus sebagai juru latih City.

4.Menyambung Rekor Jurgen Klopp

Bleacher Report
Foto: BR Football

Jurgen Klopp pernah tiga kali beruntun mengalahkan Josep Guardiola. Dan saat ini, Thomas Tuchel, yang sama-sama berasal dari Jerman, turut menyamai rekor Klopp tersebut. 

Sebelum tampil di Liga Champions, Tuchel yang baru mengarsiteki Chelsea musim ini, sudah dua kali bersua dengan Guardiola. Hasilnya, Chelsea menang di 1-0 atas Manchester City di semi final Piala FA 2020/21. 

Kedua,  The Blues kembali menorehkan kemenangan saat membungkam The Citizen  1-2 di kandang pada pekan ke-35 Liga Inggris. Dan kini, rekor kemenangan Tuchel kembali bertambah usai mengandaskan Chelsea di partai puncak. 

5.Trofi Eropa Keempat

Chelsea
Foto: beIN Sports

Keberhasilan Chelsea menggondol Si Kuping Besar memang makin mengokohkan The Blues sebagai salah satu klub elite Eropa. Khususnya sejak 2003 di mana Roman Abramovich mulai berkuasa untuk klub asal London tersebut. 

Kemenangan Chelsea atas City di Liga Champion otomatis menggenapkan catatan trofi Eropa terutama setelah Abramovich jadi pemilik klub. 


Baca Juga: 


Empat gelar Eropa sudah dimenangi Chelsea sejauh ini. Rinciannya yaitu, dua gelar Liga Champions dan dua gelar Liga Eropa. Liga Eropa mereka menangi pada 2012/13 dan 2018/19 serta Liga Champions digondol pada 2011/12 dan 2020/21. 

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di vivagoal.com