5 Fakta Final Copa Amerika 2021, Laga Idaman Penikmat Bola - Vivagoal.com
5 Fakta Final Copa Amerika 2021, Laga Idaman Penikmat Bola

5 Fakta Final Copa Amerika 2021, Laga Idaman Penikmat Bola

Dimas Sembada - July 8, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal5 Fakta  – Final Copa Amerika 2021 bakal berlangsung pada Minggu (11/7) pagi. Brasil dan Argentina memastikan diri untuk tampil di partai puncak. 

Sebagai dua kekuatan sepak bola dunia, tak aneh memang melihat Brasil dan Argentina menembus final. Diisi pemain-pemain terbaik dunia, sudah selayaknya dua negara ini jadi mengisi laga puncak. 

Tak ayal, pertandingan nanti bakal jadi laga idaman para penikmat bola. Di mana Lionel Messi dan Neymar kembali bertarung di lapangan hijau sebagai rival. 

Selain itu, masih ada beberapa fakta menarik dibalik final Copa Amerika 2021. Simak ulasan selengkapnya: 

1.Stadion Maracana

5 Fakta Final Copa Amerika 2021, Laga Idaman Penikmat Bola
Foto: Goal

Laga final Copa Amerika 2021 bakal berlangsung di Stadion Maracana, Rio de Janeiro.  Secara otomatis, ini akan menjadi final Copa kedua berturut-turut yang akan diselenggarakan di stadion bersejarah ini. 

Mengingat di edisi 2019 lalu – dimana Brasil menjadi tuan rumah – final Copa Amerika juga berlangsung di Maracana. Saat itu, Selecao  keluar sebagai pemenang usai menundukan Peru. 


Baca Juga: 


Terletak di wilayah Maracanã di Rio de Janeiro, stadion ini merupakan salah satu lapangan sepak bola terbesar di dunia dan telah menjadi tuan rumah bagi dua final Piala Dunia serta Olimpiade. 

Pertama kali dibuka pada tahun 1950, kapasitasnya saat ini hanya di bawah 80.000 untuk pertandingan sepak bola, tetapi stadion tersebut pernah menampung hampir 200.000 penonton di masa lalu.

2.Tanpa Penonton

5 Fakta Final Copa Amerika 2021, Laga Idaman Penikmat Bola
Foto: Tribun Jateng

Berbeda dengan final Euro 2020, laga puncak Copa Amerika dipastikan tidak bisa dihadiri penonton. Keputusan ini diambil tak lepas dari situasi pandemi yang belum usai. 

Fans tidak diizinkan untuk menghadiri final Copa America 2021 karena pembatasan kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk mengekang penyebaran Covid-19 yang diberlakukan otoritas setempat.

Meski sempat ada rumor final boleh disaksikan penonton secara terbatas, sejauh ini belum ada konfirmasi soal kabar tersebut. Jelasnya, laga berlangsung tanpa penonton seperti babak-babak sebelumnya.

3.Rekor Argentina

5 Fakta Final Copa Amerika 2021, Laga Idaman Penikmat Bola
Foto: PR

Timnas Argentina harus susah payah lolos ke final Copa Amerika 2021. Ditantang Kolombia, Tim Tango, harus menjalani adu penalti setelah hanya bermain imbang hingga perpanjangan waktu. 

Keberhasilan tersebut menjadi rekor tersendiri buat Lionel Scaloni. Di mana sang juru taktik terus menorehkan catatan tak terkalahkan bersama Timnas Argentina. 

Secara total, Scaloni sudah mempersembahkan 19 pertandingan tanpa kekalahan dengan rincian 11 menang dan delapan imbang dari berbagai ajang. 

Bukan cuma itu, Scaloni juga menjadi pelatih kedua dengan jumlah tak terkalahkan terbanyak secara beruntun bersama Timnas Argentina. Di urutan teratas ada  Alfio Basile yang pernah menorehkan 33 pertandingan tanpa terkalahkan.

4.Rekor Brasil 

5 Fakta Final Copa Amerika 2021, Laga Idaman Penikmat Bola
Foto: Medcom

Brasil menapaki final setelah menaklukan Peru 1-0 di babak semi final. Sebiji gol dari Lucas Paqueta pada menit ke-35 mengantar Brasil ke partai puncak. 

Sederet rekor dicatatkan usai mereka mengamankan satu tiket.  Bagi skuad besutan Tite, final pada hari Minggu nanti bakal menjadi final ke-21 Brasil. 

Situasi tersebut membuat Brasil jadi tim kedua di Amerika Latin yang berhasil tampil di puncak Copa Amerika lebih dari 20 kali sepanjang sejarah. Sebelumnya, Uruguay menjadi negara terbanyak soal urusan tampil di final Copa, dengan 21 pertandingan pada 2011 silam.

5.Gelar Pertama Messi dan Neymar

5 Fakta Final Copa Amerika 2021, Laga Idaman Penikmat Bola
Foto: Ayo Semarang

Selain menampilkan final ideal antara Brasil dan Argentina, laga puncak Copa Amerika 2021 juga bakal jadi panggung tersendiri buat dua megabintang Lionel Messi dan Neymar Jr. Khususnya di Copa, final nanti bakal jadi perebutan untuk trofi pertama keduanya di Copa. 

Messi memang selalu sial bersama timnas Argentina. Tiga final Copa America dilalui Messi pada 2007, 2015 dan 2016. Ironisnya, di tiga final tersebut Lionel Messi selalu gagal menjadi pemenang. 


Baca Juga: 


Begitupun dengan Neymar yang tak kalah sial di Copa Amerika bersama Brasil. Meski Brasil jadi juara di edisi 2019, tapi, Neymar tidak tampil lantaran cedera engkel. 

Karenanya, selain jadi final idaman, pertandingan nanti bakal jadi duel sengit bagi Messi dan Neymar. Meski pernah sama-sama di Barcelona, kali ini Messi dan Neymar bukan tidak mungkin saling ‘bunuh’.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com