5 Fakta Negara yang Sukses Jadi Juara Kala Menjadi Tuan Rumah - Vivagoal.com
5 Fakta Negara yang Sukses Jadi Juara Kala Menjadi Tuan Rumah

5 Fakta Negara yang Sukses Jadi Juara Kala Menjadi Tuan Rumah

Heri Susanto - November 23, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Menjadi juara di saat Piala Dunia diadakan rumah sendiri menjadi sebuah pencapaian prestis bagi penyelenggaranya. Ada lima tim yang pernah melakukan hal tersebut.

Ongkos menajdi tuan rumah Piala Dunia tak bisa dibilang kecil. Mereka yang ingin mengadakan event empat tahunan selalu mengalami peningkatan pada setiap helatannya. Deutsche Welle mengklaim saat ini tak ada biaya pasti untuk biaya yang dikeluarkan.

Namun laporan yang sama mengklaim jika valuasi uang yang dikeluarkan tim tuan rumah untuk menyelenggarakan helatan akbar pada 2022 terbilang besar. Qatar tercatat merogoh dana tak kurang dari 229 miliar dollar guna mengakomodir diri menjadi tuan rumah.

Biaya tersebut tersebut mencakup biaya pembangunan Stadion dari nol, renovasi Stadion dan infrastruktur penunjang di sekitarnya dan berbagai hal lain yang mengakomodir terlaksananya pesta terbesar di dunia sepakbola ini bisa terselenggara.


Baca Juga:


Meski biaya yang dikeluarkan terbilang tinggi, atensi untuk menjadi tuan rumah masih terbilang besar. Jika berkaca pada helatan, beberapa negara pernah menjadi tuan rumah baik secara mandiri maupun kolektif.

Meksiko sudah dua kali menjadi penyelenggara. Italia pun sama. Bahkan Jepang dan Korea Selatan pernah bekerjasama kolektif menggelar turnamen di dua tempat berbeda. Untuk 2026, Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada bahu membahu menjadi tuan rumah guna mereduksi biaya.

Dalam 22 kali penyelenggarannya, tak banyak tuan rumah yang sukses melanggeng menjadi juara di rumah sendiri. Sejauh ini, ada enam tim yang sukses menjadu juara kala turnamen dimainkan di kandangnya. Kebanyakan dari mereka menjadi juara di masa lampau.

Dari enam tim yang tersemat, Vivagoal telah mereduksinya menjadi lima tim yang menjadi pemenang di depan publiknya sendiri. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.