Kaleidoskop 2020: Rekor dan Perjalanan Kelabu Sepakbola Dunia - Vivagoal.com
Kaleidoskop 2020

Kaleidoskop 2020: Rekor dan Perjalanan Kelabu Sepakbola Dunia

Dimas Sembada - December 30, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita BolaTak terasa, kita kembali tiba di penghujung tahun. Rasanya, 2020 ini menjadi tahun yang berat tanpa terkecuali buat dunia sepakbola. Pandemi covid-19 sedikit banyak membawa dampak tak mengenakan buat klub juga pecinta si kulit bundar.

Belum pulih dampak yang dirasakan lantaran pendemi, publik kembali bersedih saat beberapa nama besar juga tutup usia tahun ini. Namun demikian, sederet rekor juga sejarah baru turut tercatat pada 2020 ini.

Beberapa peristiwa penting seputar Sepak Bola dunia sepanjang tahun 2020 akan Vivagoal rangkum dalam Kaleidoskop Sepakbola Dunia 2020:

Januari:  Trigol Erling Haaland

Erling Haaland
Foto: Mirror

Meski baru memulai debutnya kala Borussia Dortmund meremukan Ausburg dengan skor 3-5, Sabtu (18/1/2020) malam WIB, Haaland langsung mencetak rekor dengan mendulang tiga gol dalam laga perdananya bersama si Kuning.

Haaland, yang baru ditransfer dari RB Salzburg langsung tunjukan performa impresif. Saat Dortmund tertinggal dengan skor 3-1, wonderkid Norwegia pun dimainkan di menit ke-56. Tiga menit berada di atas lapangan, Haaland langsung mendulang gol pasca mengonversi assist dari Jadon Sancho.

Haaland kembali mencatatkan brace di menit ke-70 pasca memaksimalkan umpan Thorgan Hazzard. Sembilan menit kemudian, namanya kembali terpampang di papan skor pasca mencetak hattrick untuk Die Borrusen.

Torehan gol tersebut pun membuatnya menyamai rekor Pierre-Emerick Aubameyang yang sempat melakukan hal serupa kala memulai debutnya bersama Dortmund.

Februari : Chelsea Daratkan Hakim Ziyech

Hakim Zyech
Foto: Goal

Hakim Ziyech menandatangani kontrak lima tahun dengan Chelsea pada Februari 2020. The Blues mengumumkan mereka telah menyetujui kesepakatan £ 33,3 juta dengan Ajax untuk menandatangani gelandang serang berusia 26 tahun itu pada akhir musim 2019/20.

“Saya senang dan bangga telah menandatangani kontrak dengan klub besar seperti Chelsea. Saya menantikan musim depan dan berharap kami bisa mencapai hal-hal hebat bersama,”  kata Ziyech saat menandatangi kontrak bersama Chelsea.

Maret : Liga 1 2020 Dihentikan

Shopee Liga 1 2020Virus Corona yang mulai menyebar ke Indonesia berdampak langsung pada kompetisi Shopee Liga 1. PSSI memutuskan untuk menunda Liga 1 sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, kepada PT Liga Indonesia Baru, melalui surat resmi tertanggal 18 Maret 2020 memastikan sepakbola terpaksa dihentikan sambil menunggu perkembangan lanjutan penyebaran Covid-19.

“Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan.  Pencabutan atas penghentian Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebara Covid-19 di Indonesia, yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

April : PSG Juara Ligue 2019/21

PSG
Foto: Techno Sport

Paris Saint-Germain dianugerahi gelar Ligue 1 2019/20 tepat pada 30 April 2020. Kala itu, otoritas sepakbola setempat memutuskan menghentikan kompetisi dan mendapuk Les Parisiens sebagai jawara.

LFP memutuskan hal ini lewat pemungutan suara, dengan klasemen akhir ditentukan berdasarkan rata-rata poin per laga (jumlah poin dibagi jumlah laga).

Keputusan ini juga sebagai tindak lanjut dari seruan Perdana Menteri Edouard Philippe yang menyatakan penangguhan seluruh agenda olahraga di Prancis

Mei: Solidaritas BLM

Jadon Sancho
Foto: Si

Publik sempat dihebohkan dengan kematian George Floyd akibat perlakuan tak mengenakan pihak kepolisian di Amerika Serikat. Sebagian beranggapan, kematian George berkaitan dengan isu rasial kulit hitam.

Aksi solidaritas yang mengecam meninggalnya George Floyd turut dilakukan oleh para pesepakbola. Salah satunya, Jadon Sancho, yang tak lama setelah kejadian tersebut mencetak hatrick untuk Borussia Dortmund kala berhadapan dengan Paderborn.

Aksi solidaritas itu rupanya memang sudah direncanakan pemain asal Inggris tersebut. Melalui unggahan di sosial medianya, Sancho berharap apa yang dilakukannya dapat menginjeksi kesadaran masyarakat dan menuntut keadilan buat George Floyd.

“Hattrick profesional pertama. Namun ini adalah momen yang cukup menyedihkan karena ada banyak hal penting terjadi di dunia saat ini, dan kita harus berusaha membuat perubahan. Kita harus bersatu dan terus memperjuangkan keadilan. Bersama kita bisa lebih kuat,” cuit Sancho di akun twitter resminya, @Sanchooo10

Juni : Bayern Munchen Juara Bundesliga 2019/20

Bayern Munich
Foto: DW

Bayern Munchen sukes memastikan gelar juara Bundesliga 2019/20 sekaligus memenangi trofi liga yang kedelapan secara beruntun. Kepastian ini didapati setelah The Bavarian mengalahkan Weder Bremen dengan skor 1-0 Rabu (17/6/2020) dini hari WIB.


Baca Juga:


Gol semata wayang Bayern Munchen dilesatkan oleh Robert Lewandowski sesaat jelang turun minum. Hingga akhir, skor tidak berubah dan sukses membawa Bayern Munchen mengoleksi 76 poin dan tidak mungkin terkejar lagi oleh Borussia Dortmund yang menjadi pesaing terdekat mereka.

Juli: Penantian Panjang Liverpool

Liverpool
Foto: Dream Team

Penantian panjang Liverpool akhirnya terbayar ada Juli 2020. The Reds berhasil menjadi kampiun tepat saat Manchester City menyerah 2-1 dari Chelsea di Stamford Bridge.

Liverpool yang di pekan ke-31 sudah mengumpulkan 86 poin tak mungkin lagi dikejar The Citizen yang baru mendapat 63 poin. Gelar juara ini sekaligus mengentaskan dahaga gelar Liverpool selama 30 tahun.